Biaya Liburan Raja Ampat

Biaya Paket Wisata Liburan ke Raja Ampat, Murah atau Mahal?

Rate this web | Berikan Rating

Biaya Paket Liburan Raja Ampat – Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang banyak sekali orang idamkan. Tetapi banyaak orang yang ingin kesana namun terbebani dengan biaya yang mahal. Banyak orang yang penasaran mengenai berapa besar biaya untuk dapat berlibur kesana?

Yang pertama kita perlu tahu harga tiket pesawat, untuk harga tiket pesawat ini tergantung dari lokasi keberangkatan traveler. Misal dari Jakarta menuju Sorong, maka ada bberapa opsi yang dapat kalian pilih seperti Sriwijaya, batik Air, NAM Air, dan Garuda Indonesia harga mulai dari Rp 1-3 jutaan.

Sesampainya di Sorong, kalian harus menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal ferry. Untuk naik kapal kalian pun juga ada berbagai kelas yang dapat kalian pilih. Jika ingin nyaman ada kelas VIP yang kisaran harganya Rp. 215 ribu sekali jalan. Fasilitasnya terdapat kursi dengan legroom yang cukup luas, snack, ruang AC, serta terdapat tempat hiburan untuk karaoke. Jarak tempuh untuk sampai tujuan kurang lebih 1-2 jam perjalanan.

Biaya Liburan Raja Ampat

Selain itu, penginapan di kepulauan Raja Ampat pun juga bervariasi. Untuk cottage tipe water villa, harga kisaran Rp. 1-5 jutaan. Tetapi ini tergantung pilihan kalian, dan biasanya sudah termasuk paket makan.

Jika kalian ingin menikmati destinasi wisata yang ada di kepulauan Raja Ampat maka kalian harus menggunakan speedboat dan harganya pun juga bervariasi. Kalau ingin menyewa kapal sendiri harga sekitar Rp 7 jutaan sehari dan itu kapal muat menampung sampai 15 orang.

Mengenai makanan tambahan, harganya pun berbeda-beda. Misal satu cup mie instan dipatok harga Rp 10-15 ribu, kelapa muda Rp 15-20 ribu, dan snack-snak ringan seperti gorengan Rp. 2 ribu/ biji.

Banyak sekali operator wisata yang menyediakan jasa tour pribadi atau open trip. Ini bisa kalian pakai sebagai opsi bagi kalian yang tidak ingin repot saat wisata ke Raja Ampat.

Untuk sewa boat, hitungannya per patungan, open trip khususnya di Raja Ampat di waisai ke Piaynemo, per orang dibandrol harga sekitar Rp 500 ribu di luar makan dan penginapan dan maksimal 15 orang.

Rute-rute yang diberikan mencakup beberapa wilayah destinasi ikonik yang dimiliki kepulauan Raja Ampat seperti wayag, telaga bintang, misool dan lainnya. Untuk wilayah misool biasanya memiliki rute yang berbeda dari Piaynemo dan wayag. Biasanya untuk rute Piaynemo, Arborek, Talaga bintang, pasir timul, Yembuba biasanya itu untuk satu harinya. Begitu pula dengan wilayah wayag, karena rute yang cukup jauh sehingga mempunyai harga yang berbeda pula. Jika ke wilayah destinasi wayag harganya agak sedikit mahal. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 1 jutaan. Jadi kenanya total bisa sampai Rp. 15 jutaan (private tour), dan itu sudah termasuk air mineral.

Jadi, untuk total biaya kalian para traveler harus merogoh kocek sekitar Rp 9 jutaan per orang jika ingin mengurus sendiri tanpa jasa agen tour. Biaya ini tidak jauh berbeda dengan tipe open trip yang biayanya sekitar Rp. 8-10 jutaan untuk 4 hari 3 malam sampai dengan 6 hari 5 malam. Tetapi, jika kalian para traveler ingin privat tour harganya tentu lebih tinggi dan juga lebih repot. Untuk 5 hari 4 malam saja biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp. 16 jutaan. Tentu ini bisa disesuaikan dengan jumlah hari dan destinasi wisata yang akan kalian tuju. Itu rincian biaya yang perlu kalian persiapkan ketika akan liburan ke Raja Ampat. Jadi gimana ? apakah biaya traveling ke raja Ampat murah atau mahal? Tapi tenang karena semua itu akan terbayarkan dengan pesona indahnya kepulauan Raja Ampat.

Sekian artikel tentang Paket Biaya Liburan Raja Ampat Terima Kasih.

Editor: Musyarrof Malik

Leave a Comment