kuliner khas papua

Kuliner Khas Saat Mengikuti Paket Wisata Raja Ampat!

Rate this web | Berikan Rating

Kuliner Khas Dari Wisata Raja Ampat – Jika kalian pergi ke destinasi wisata Raja Ampat jangan sampai terlewatkan untuk wisata kuliner.

Di tengah aktivitas menelusuri keindahan alam Raja Ampat Papua, kalian juga harus menyempatkan waktu untuk berburu kuliner khas yang enak dan halal dari kepulauan Raja Ampat. Pilihan kuliner khas Raja Ampat yang bisa kalian cicipi pun juga sangat beragam.

Makanan Khas Raja Ampat 

1. Papeda

kuliner khas wisata raja ampat

Selama berlibur ke Raja Ampat jangan lupa untuk mencicipi papeda yang merupakan makanan pokok masyarakat Papua. Papeda itu sendiri dibuat dengan bahan utama berupa sagu. Kalian dapat menikmati papeda dengan beragam jenis lauk. Masyarakat setempat biasa menikmati papeda menggunakan lauk ikan, ikannya pun beragam seperti: ikan gabus, ikan kue, ikan kakap merah, dapat juga dengan ikan tongkol.

2. Martabak Sagu

Papua sendiri juga dikenal akan pasokan sagu yang begitu melimpah, sehingga tidak heran jika banyak makanan khas Papua yang menggunakan bahan dasar sagu. Makanan khas selanjutnya adalah martabak sagu. Pembuatan martabak sagu dilakukan dengan menggunakan sagu yang telah dihaluskan lalu dicampur dengan gula aren. Martabak sagu biasanya disajikan untuk kudapan para tamu warga Papua.

3. Sate Ulat Sagu

Sate ulat sagu menjadi kuliner ekstrim bagi kalian yang belum pernah makan ulat, tetapi bagi masyarakat kepulauan Raja Ampat, ulat sagu merupakan makanan yang lezat. Sate ulat sagu sendiri memang menggunakan bahan dasar ulat sagu yang diberi bumbu lalu dibakar. Namun kalian perlu tahu juga bahwa ulat sagu ini mengandung protein yang tinggi yang tentunya baik untuk tubuh kita. Sate ulat sagu menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Papua.

4. Ikan Bungkus

Ikan bungkus yang dibuat dengan bahan dasar ikan laut menjadi kuliner khas Raja Ampat yang wajib masuk daftar list untuk dicicipi bagi kalian yang sedang berkunjung ke Raja Ampat. Ikan bungkus hampir sama dengan pepes ikan namun hanya sedikit berbeda rempah-rempah yang digunakan. Namun dapat dipastikan bawasanya ikan bungkus rasanya sangat enak, gurih, serta wangi yang khas.

5. Udang Selingkuh

Karena Raja Ampat dikenal akan kekayaan biota laut, jadi sudah pasti segala sea food melimpah disana. Salah satunya udang, terdapat makanan khas Raja Ampat yang disebut dengan udang selingkuh. Udang yang berukuran besar seperti lobster dengan disertai capit raksasa yang biasa masyarakat setempat menyebutnya dengan udang selingkuh, bisa jadi santapan enak berikutnya yang harus kalian coba. Cara penyajiannya mulai dari dibakar, digoreng, atau pun direbus.

6. Cacing Laut

Kuliner Khas cacing laut

Dengar kata cacing pasti kita sudah langsung enek dan terkesan jorok dan menjijikkan. Namun cacing ini bukanlah cacing yang berada ditempat kotor tetapi cacing tersebut berada di pasir putih kawasan pantai Raja Ampat.

Ketika kalian berkunjung ke Raja Ampat tak perlu kawatir akan sulitnya menemukan cacing laut karena cacing laut banyak dijual di pusat kota. Untuk memperoleh cacing laut yaitu dengan berburu bukan dibudidayakan. Biasanya pasir pantai dikeruk menggunakan tangan, kemudian dimasukka batang kayu seperti lidi, maka cacing akan melilit batang dan tinggal ditarik saja batang kayunya.

Cara mengolah cacing laut yaitu dibersihkan terlebih dahulu, di cuci bersih kemudian dipanggang menggunakan serabut dan tempurung kelapa. Saat warna cacing berubah menjadi kecokelatan itu pertanda sudah matang. Kalian dapat menyantapnya bersama dengan sayuran, dapat juga dimasak dengan bumbu rica-rica atau diasap lebih lama supaya menjadi keripik.

Cara Booking Paket Wisata Raja Ampat

Jika kalian ingin memesan Paket wisata raja ampat, kalian bisa langsung menghubungi CS kami dan kalian juga bisa bertanya-tanya mengnai Paket Wisata Raja Ampat yang tersedia di perusahaan travel kami dan paket wisata raja ampat yang cocok dengan keinginan dan juga budget Anda.

editor : Wanda Mangolo

Leave a Comment